Sabtu, 12 Desember 2015

# #Biooil # #Jafra

My Currently SkinCare Routine During Pregnancy and Breastfeeding



Hi beauties...
Setelah sekian lama gak nge-blog, aku jadi berpikir untuk memugar ulang blog ini biar kesannya gak jenuh dengan tampilan itu-itu aja. Mulai dari alamat blog (pengin banget dibikin domain), header blog, tampilan tata letak dll. Tapi itu semua butuh waktu cyiint dan sekarang udah gak sempet nge-blog karena lagi konsen membentuk si jabang bayi yang diharapkan bisa jadi hafidz (penghapal Quran) (aamiin..).

Ngomongin tentang cantik selama kehamilan yuuk.
Ketahuilah beauties, banyak banget pantangan buat ibu hamil. Mulai dari makanan, kosmetik dan skincare-nya. Belum lagi tentang kebersihan lingkungan, dan lain lain. Ibuku selalu mewanti-wanti tentang makanan dan kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggalku gimana. Tapi, aku mencari tahu sendiri kalau urusan kosmetik, skincare, dan personal product.

Jadi, setelah diketahui aku positif hamil, rasanyaa bahagia gak ketulungan *hehe*. Dan mulai saat itu bagaimanapun juga aku harus mengesampingkan ego dan harus lebih protect terhadap calon bayiku dengan lebih berhati-hati memilih produk konsumsi, salah satunya skincare. Yang biasanya pakai produk whitening, selama hamil aku anggurkan semua itu di brankas rahasia *hehe*.

So, selama itu mencari-cari dan googling-googling informasi kesehatan dan kecantikan, akhirnya aku nemu artikel yang menyangkut pantangan bahan-bahan kosmetik yang berbahaya untuk janin. Sebelum membahas my skincare routine, berikut aku akan rangkum bahan-bahan berbahaya dari beberapa sumber :
  1. Salicylic Acid (BHA atau Beta Hydroxy Acid) dan Benzoil Peroksida. Dijelaskan bahwa bahan ini ada pada produk-produk obat jerawat dan obat anti penuaan kulit. Ada larangan keras untuk tidak mengkonsumsi bebarengan dengan aspirin, karena dapat mengakibatkan keguguran dan komplikasi kehamilan.
  2. Retinol A. Jenis vitamin A untuk mengobati jerawat dan exfoliating kulit mati. Jika dosis berlebih bisa berdampak pada gangguan pertumbuhan janin.
  3. Parabens. Bahan ini masih banyak diperdebatkan soal keamanannya, karena beberapa dokter kulit mencurigai adanya pengaruh paraben terhadap gangguan alat reproduksi janin. Tetapi parabens masih banyak dipakai untuk kosmetik dan skincare. 
  4. Phathalates atau Ftalat. Nama kimia dari bahan ini disebut Dibutyl Phathalates (DBP). DBP banya terdapat dalam produk cat kuku, deodoran, hair spray atau parfum. Maka dari itu lebih baik memilih produk non parfum.
  5. Accutane. Obat jerawat yang diminum ini jika dikonsumsi ibu hamil akan mengakibatkan keguguran dan bayi akan lahir cacat serius.
  6. Hidrokortison. Krim tropikal yang sering digunakan untuk mengobati jerawat. Bahan ini dapat meracuni janin sehingga mengakibatkan cacat.
  7. Tazorac (Tazarotene Topycal), sama dengan bahan lainnya yang dapat mengakibatkan kecacatan pada janin, maka sebaiknya jangan gunakan produk berbahan Tazorac atau Tazaroten.
  8. Tretinoin Emollient Topical. Tretinoin Topical adalah bentuk vitamin A yang dapat membantu mengobati jerawat, menghaluskan kulit wajah kasar, mengurangi munculnya jerawat halus, dan perubahan warna kulit bintik-bintik. 
  9. Regimex (Benzphetamin). Benzphetamin adalah stimulan yang mirip dengan amfetamin. Benzphetamin adalah penekan nafsu makan yang mempengaruhi saraf pusat. 
  10. Stearic Acid. Asam stearat dianggap sebagai bahan berbahaya tingkat rendah hingga sedang. Ada hasil penelitian terhadap hewan yang menunjukkan bahwa ada sejumlah efek pada otak dan efek sistem saraf, sistem pernapasan dan iritasi kulit pada tingkat dosis yang rendah.


My Essentials Skincare

Selama hamil dan menyusui gak ada salahnya donk untuk merawat wajah dan tubuh, tul gak? Lagian ujung-ujungnya juga buat nyenengin suami, hehe. So yup, berikut rangkaian skincare selama aku hamil dan menyusui. *semoga bermanfaat*
Kalau ada yang pernah baca-baca blogku sebelumnya dan menemukan fakta bahwa aku berjerawat, memang betul adanya (apaan sih). Meskipun sesungguhnya wajahku bukan tipe berminyak dan berjerawat, tapii yaa akhirnya berjerawat juga. Bukan karena wajah tipe berminyak, tapi karena infeksi bakteri jadilah berjerawat nanah. Untungnya aku dikasih Himalaya Facial Wash oleh bapak. Awalnya agak ngremehin produk ini siih, karena mindset-ku saat itu sudah kecewa dengan produk anti jerawat yang mahal tapi gak kunjung sembuh. Akhirnya dicoba juga dan selama pemakaian produk ini sejak 2014, hasilnya wajahku gak pernah keluar jerawat bernanah lagi. Cuma yaa memang gak cepet siih hasilnya. Wajar yaa, karena Himalaya ini produknya berbahan herbal.

Meskipun sudah mendingan, tapi jerawatku ini masih sering aku pencet-pencet karena saking gemesnya. Dan akhirnya ninggalin bekas parut atau biasa disebut BOPENG(an) dan itu gak bisa disembuhin hanya dengan facial wash *ihiks. (Maaf yaa untuk foto before-after gak bisa ditampilkan, karena sudah banyak perubahan dengan pemakaian banyak skincare). But, don't worry gals. Ada solusi untuk menghilangkan kulit bopengan atau bolong bekas jerawat. Produknya aman untuk ibu hamil dan menyusui (bumil&busui), terbukti nyata dan halal. Produk ini keluaran dari negri Jiran Malaysia. Mungkin beauties ada yang pernah pakai atau dengar/ lihat produk ini. Yaitu, Beautee Nano Scar Serum. Agak susah loh untuk nemuin serum ini di drugstore. Kebanyakan serum ini dijual secara online. Rata-rata harga serum sekecil itu dibandrol sekitar Rp35.000- Rp40.000 per vial. Dan maaf lagi gals, aku gak bisa nampilkan foto before-after wajah bopenganku. Tapi percayalah, produk ini ampuh buat ngilangin bopeng-bopeng, dan aku udah ngrasain sendiri. Bopeng di wajahku perlahan membaik, meski awal pakai produk ini berasa ada perih-perihnya dan keliatan langsung kencang di bagian yang berbopeng. Cara pakai serum ini hanya aku aplikasikan di bagian yang bopeng-bopeng, kemudian aku timpali lagi dengan serum lain ke seluruh wajah, dan terakhir aku aplikasikan pelembab (siang atau malam).

Setelah pengaplikasian serum ke seluruh wajah dan leher, next step adalah moisturizer. Nah untuk moisturizer aku pakai NaPCA dari Nu Skin. Moisturizer ini praktis tinggal semprot ke kulit yang kering, kemudian tepuk-tepuk dan biarkan meresap. Hasilnya lembab, lebih segar, dan glowing look deh pokoknya. Untuk masalah harga masih terbilang worth it-lah yaa, biasanya produk ini dibandrol sekitar Rp 130.000 di online shop. Banyak beauty blogger yang puas dengan NaPCA. Karena formulasinya yang selain berfungsi melembabkan, produk ini juga bisa membuat wajah terlihat awet muda dan keriput berkurang. Dulu pernah bereksperimen menggunakan kismis yang direndam NaPCA ini semalaman. Paginya, kismis-kismis tersebut jadi gendut-gendut. Berarti terbukti kan bahwa NaPCA ini kandungannya dapat memperbaiki kulit keriput.


Lalu setelah memakai moisturizer mist, maka next step (ini opsi yaa) aku pakai eye gel yang berfungsi melembabkan sekitar mata seperti kantung dan kelopak mata. Produk eye gel yang aku pakai adalah Mazaya Dermo Eye Treatment Gel. Tekstur dari eye gel ini gel bening ya bukan cream, dan cepat meresap. Cara aku pakainya sih cukup sedikiiiit aja gel ini dioles di kantung mata.
Mazaya Dermo Eye Treatment Gel ini kalau pemakaiannya rajin bisa bikin kantung mata lebih lembab dan sehat. Tapi sayangnya gak bisa menghilangkan mata panda. Harga sangat terjangkau girls. Eye gel ini dibandrol sekitar Rp 35.000 kalau gak salah (CMIIW).



Untuk masker, aku pakai Jafra Mud Mask. Gak nyesel looh udah kenalan sama si hijau lumut ini. Bener-bener bikin wajah jadi lebih cerah, lembut dan lembab. Jafra Mud Mask ini juga cocok buat kulit berjerawat. Alkisah (hahaha) adikku coba-coba maskeran pakai mud mask ini (karena dia berjerawat). Saking senengnya (karena jerawat-jerawat dia cepet kempesnya), jadi aja dia koar-koar ke temen-temennya yang berjerawat kalau Mud Mask ini ajib banget! Hahaha, thanks my lil sister...
Selain untuk wajah, masker ini bisa juga dipakai untuk badan. Kadang-kadang kalau lagi mood, aku biasanya juga maskeran buat badan. Baunya menenangkan dan ada sensasi dingin-dinginnya gitu. Setelah didiamkan 15-20 menit kemudian dibilas dengan air hangat.


Ada beberapa hal yang gak disuka ibu hamil dan menyusui salah satunya yaitu strech mark atau kulit parut atau selulit. Biasanya penampilan body udah gak layak dipamerin lagi buat suami (terlebih suami yang suka ngejek hahaha). Aku searching review produk apa yang bisa meminimalkan strech mark dan nemuin Bio Oil. Di beberapa review beauty blogger banyak yang puas dengan Bio Oil. Strech mark mereka berkurang. Selain itu mereka juga menggunakan produk ini untuk uneven skin tone (warna kulit yang tidak merata) dll. Pemakaian produk ini cukup sedikit aja (karena kalau kebanyakan bisa-bisa berminyak-nyak hoho) dan dioles ke bagian tubuh yang diinginkan, pijat sebentar dan meresap deh.
Hasilnya bisa dilihat 3 bulan kemudian, dan itupun harus telaten.
Harga dibandrol Rp 120.000 jika anda beli di apotek. Sebab, harga di online shop bisa melebih harga tersebut.


Oke, the last item is deodorant. Nu Skin Scion Whitening Roll On yang digadang-gadang dapat memutihkan ketiak dan selangkan hitam, uhuy. Ini niih produk Nu Skin lainnya yang gak kalah ajiiib. Aman untuk bumil dan busui biar gak bau ketiak. Wanginya gak setajem parfum deodorant kebanyakan gals, karena wanginya lembut. Deo ini juga gak bikin baju putih jadi kuning dan baju hitam jadi putih. Sama sekali enggak gals, percaya deh. Tapi, harga untuk sebuah deodorant lumayan mahal. Harganya biasanya dibandrol sekitar Rp 65.000 - Rp 75.000. Yaah ada harga ada rupa siih, puas dan suka pakai scion.


Nah itu dia jabaran tentang bahan kosmetik berbahaya dan skincare items yang biasa aku pakai selama hamil dan menyusui sampai sekarang ini. Sebenernya masih ada produk lain lagi yang aku pakai seperti Nu Skin Galvanic Spa untuk wajah dan Body Shape, lalu serum Nuxe, dan Produk Jafra lainnya. Tapi, yang sudah dijabarkan diatas adalah skincare wajib pakai. Oke, mungkin next blog bakal mereview produk-produk yang belum terexpose (LoL).
Oh ya gals, mungkin untuk beberapa bumil dan busui agak kerepotan dan gak ada waktu untuk merawat wajah dan tubuh ya. Tapi, sekali lagi, kalau ingin suami senang dan betah dirumah, gak ada salahnya kan dandan dan merawat diri di rumah? Barang sekali dua kali dalam seminggu atau sebulan mungkin, bisa bikin suami seneng aja dapet pahala. Hehe ya gak? Oke gals, semoga bermanfaat. See you in my next post...




http://www.widaya.com/public-warning/14-bahan-kosmetik-berbahaya-ibu-hamil-menyusui.html
http://www.suara.com/health/2014/04/27/180943/ini-kandungan-kosmetik-berbahaya-bagi-ibu-hamil

1 komentar:

  1. Kak itu serum beautee bener kah aman untuk bumil ? Worry mau make nya lagi cari informasi

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Follow Us @soratemplates